diposkan pada : 17-11-2020 10:01:17 cara cuci sofa

Berikut Adalah cara cepat yang efektif untuk membersihkan sofa.

1. Membersihkan Permukaan Kain Sofa

Setelah Anda mengidentifikasi jenis kain pada sofa, Anda bisa melepaskan bantalan dan sikat kain sofa ke sudut dan celah untuk menghilangkan remah-remah dan sampah yang tersangkut.

Anda juga bisa menggunakan handuk untuk menggosok noda atau kotoran, karena hal ini akan membantu membersihkannya. Namun, hindari menggunakan pakaian atau spons berwarna apapun, karena warnanya terkadang bisa mengotori sofa.

2. Menghapus Bau Pada Kain

Setelah Anda berhasil menghilangkan remah-remah dan menghapus noda apapun, langkah selanjutnya adalah menghilangkan bau yang tidak sedap. Baking soda adalah solusi ramah yang dapat mengurangi anggaran pengeluaran Anda.

Cukup taburi sofa dengan baking soda dan diamkan baking soda selama minimal 20 menit, lalu vakum sofa dengan sikat. Jika Anda merasa ini tidak cukup, campurkan baking soda dengan beberapa pembersih karpet kering dan biarkan mereka bekerja selama 20 menit lagi, hal ini dapat membuat sofa Anda terlihat baru dan segar.

3. Cara Membersihkan Sofa Kain Biasa

Berikut ada cara efektif untuk membersihkan kain sofa biasa. Yang Anda butuhkan :

  • Penyedot debu
  • Sikat pembersih
  • Bubuk soda kue
  • Sabun cair
  • Air
  • Kain katun
  • Kain bersih

Cara 1 : Penyedot Debu

Menggunakan penyedot debu, vakum seluruh permukaan sofa kain Anda. Jika penyedot debu Anda dilengkapi dengan alat pelapis, gunakan karena ini akan menghilangkan sebagian besar debu dan puing-puing kotor yang ada di permukaan, bahkan jika kotorannya tidak terlalu terlihat.

Anda mungkin tercengang dengan banyaknya kotoran yang terkumpul di kantong debu. Dan jika Anda sebelumnya tidak yakin bahwa sofa Anda perlu dibersihkan, langkah ini mungkin akan “membuka pikiran” karena menampakkan kotoran yang sangat banyak dan menjijikkan.

Cara 2 : Sikat Kain Sofa Anda

Setelah menyedot debu, sikat seluruh permukaan sofa Anda dengan sikat pembersih yang empuk. Sikatnya akan mudah membersihkan rambut, rambut hewan peliharaan atau bahan sejenis lainnya yang cenderung menyangkut di kain sofa. Penyikatan ini juga akan membersihkan debu dicelah yang dalam.

Cara 3 : Taburkan Baking Soda Keatas Sofa

Sekarang, taburi baking soda di sofa Anda. Diamkan selama sekitar 20 sampai 30 menit. Baking soda bekerja dengan sangat baik dalam banyak pekerjaan pembersihan. Ini menghilangkan bau yang tidak sedap dan membantu memecah noda. Sofa kotor cocok dibersihkan dengan metode ini.

Cara 4 : Vacuum Lagi Sofa Anda

Vakum sofa lagi untuk membersihkan baking soda. Anda seharusnya melihat peningkatan kebersihan yang baik pada kain di tahap ini.

Cara 5 : Siapkan Solusi

Pembersihan Utama

Masukkan 2 atau 3 tetes sabun cair kedalam 4 gelas air. Gunakan penetes untuk mengukurnya jika diperlukan. Sabun harus digunakan dalam jumlah yang sangat sedikit. Larutkan sabun sampai bersih ke dalam air.

Cara 6 : Bersihkan Noda Yang Terlihat

Untuk noda yang terlihat di sofa, langsung saja bersihkan. Celupkan satu ujung kain katun ke dalam larutan pembersih dan peras cairan berlebih. Gosok ujung kain yang direndam

tadi ke noda.

Lakukan ini dengan gerakan melingkar yang lembut, dan usahakan untuk menghilangkan noda sebanyak mungkin. Setelah selesai, Tekan kain kering untuk menyerap basah berlebih pada sofa.

Cara 7 : Bersihkan Permukaan Dengan Kain Lembap Tanpa Serat

Basahi kain bebas serat dengan larutan pembersih lalu peras cairan sebanyak mungkin. Hati-hati saat  membersihkan seluruh permukaan kain sofa dengan kain lembab. Teknik ini secara efektif akan membersihkan

permukaan kain sofa. Kain basah akan dengan mudah mengangkat kotoran dari sofa.

Setelah dibersihkan, biarkan sofa mengering. Sofa Anda tidak hanya terlihat bersih, tapi juga lebih wangi.

4. Cara Membersihkan Sofa Kain Yang Berwarna

Jika tag sofa Anda ditandai “X”, Anda seharusnya hanya menyedotnya dengan vakum. Dan, seperti yang Anda ketahui sekarang, sofa yang diberi label “S” memerlukan pembersih berbasis pelarut, yang harus dibersihkan sesuai dengan petunjuk bahan dan labelnya.

Petunjuk pembersihan di bawah ini hanya boleh digunakan untuk sofa dengan tag bertanda “W” atau “WS”. Anda memerlukan bahan berikut:

  • Penyedot debu dengan pelapis
  • Setidaknya ada tiga kain microfiber berwarna terang untuk membersihkan di sofa Anda
  • Ember kosong
  • Air suling (Mineral dalam air keran dapat meninggalkan residu)
  • Sabun cair
  • Cuka putih suling

Catatan: Anda harus selalu menguji cairan buatan sendiri di area yang kecil sebelum mulai membersihkannya.

Cara Pembersihan :

  • Vakum sofa Anda sehingga Anda tidak menggosok kotoran atau noda saat membersihkan.
  • Dalam ember, campurkan sekitar 2 gelas air suling dengan 1 sendok makan cairan pencuci piring dan 1 sendok makan cuka.
  • Basahi kain microfiber dengan larutan pembersih Anda.
  • Gosok dengan lembut daerah bernoda dengan kain. Jangan menyikat atau menggosok dengan keras. Hal ini bisa merusak serat.
  • Basahi kain microfiber segar dengan air suling (tidak ada cairan pencuci piring atau cuka saat ini), dan usap daerah yang terkena untuk menghilangkan sisa sabun.
  • Dengan kain microfiber kering, gosok lembut area sekali lagi.
  • Arahkan kipas ke area untuk memastikannya benar-benar mengering.

Demikianlah cara membersihkan sofa kain yang bisa langsung anda terapkan. Tetap semangat!

cuci sofa bekasi utara